Minggu, 21 Maret 2021

Bekerjasama dengan RSUD Kepulauan Meranti, PD Salimah Gelar Kegiatan Donor Dara

SELATPANJANG  (KPN)
Pengurus Daerah Persaudaraan Muslimah (PD Salimah) Kabupaten Kepulauan Meranti yang bekerjasama dengan pihak Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kepulauan Meranti melaksanakan kegiatan donor darah, Minggu (21/3/2021).

Ketua PD Salimah Kepulauan Meranti, Irma Suraya ST mengungkapkan bahwa kegiatan yang dipusatkan di Taman Belakang RSUD Kepulauan Meranti itu dalam rangka memperingati Milad ke-21 Salimah.

Kegiatan donor darah PD Salimah Kabupaten Kepulauan Meranti yang bekerjasama dengan pihak RSUD Kepulauan Meranti, Minggu (21/3/2021). 

"Kegiatan ini merupakan wujud rasa syukur kita di ulang tahun dan sekaligus kepedulian Salimah terhadap kaum perempuan karena yang membutuhkan darah pada umumnya adalah kaum perempuan. Alhamdulillah, dari 17 yang discreening kita berhasil mendapatkan 13 kantong darah," ujar Irma Suraya saat diwawancarai usai kegiatan donor tersebut.

Dijelaskan Irma Suraya bahwa sebelumnya, ormas Salimah yang sudah terbentuk di 4 kecamatan yakni Salimah Tebingtinggi, Rangsang Pesisir, Pulau Merbau dan Tebingtinggi Barat itu telah melaksanakan berbagai kegiatan lainnya.

"Sebelumnya juga ada pembinaan muallaf, parenting, dan kegiatan rutin pembagian sembako setiap Jumat," jelasnya.


Dibeberkannya bahwa, setiap kegiatan yang dilaksanakan dana bersumber dari hasil penjualan Salimah Food, seperti olahan ikan dari Jakarta, selain itu Salimah Food juga mengolah makanan lainnya yang terbuat dari sagu seperti Pilus Meranti, kemudian ada juga agar-agar dari buah perepat yang berhasil diolah.

"Mohon doanya, kami mau buat kelompok usaha kerupuk udang. InsyaAllah rencana di Rangsang Pesisir dan di Sesap binaan Salimah akan membuat usaha kerupuk udang," ungkapnya.


Sementara itu, Plt Direktur RSUD Kepulauan Meranti, Fajar Triasmoko ST MT menyambut baik kegiatan donor darah yang dilaksanakan PD Salimah. Kegiatan positif itu juga tentunya akan membantu pihak RSUD dalam ketersediaan stok darah saat dibutuhkan pasien.

"Kami dari pihak RSUD mengucapkan terimakasih kepada PD Salimah atas kegiatan donor darah ini, tentunya ini sangat membantu ketersediaan stok darah. Disaat ada orang yang membutuhkan darah, kita bisa langsung menggunakannya. Kebetulan tadi ada pasien yang membutuhkan darah O dan pas kebetulan banget kita ada stok darah O," ungkap Fajar.

Ditempat yang sama, dr Eti, selaku petugas di Laboratorium RSUD Kepulauan Meranti menambahkan bahwa untuk penyimpanan darah di RSUD punya batas waktu yakni satu bulan.

"Jadi kita tidak bisa terima terlalu banyak juga darahnya, nanti takutnya tak bisa digunakan karena ada batas expired, takutnya nanti kadaluarsa," ujarnya.

Dijelaskannya, kebutuhan darah di RSUD tidak mudah untuk didapatkan bukan karena darahnya tidak ada. Namun, meski dengan golongan darah yang sama belum tentu cocok untuk pasien yang membutuhkan tersebut.

"Untuk tempat penyimpanan darahnya kita memang punya, namun kapasitasnya untuk 100 kantong darah dengan lama penyimpanan satu bulan," pungkasnya.***


EDITOR   :  REDAKSI

Load comments