Selasa, 18 Januari 2022

Minat Vaksinasi Anak Meningkat di Meranti, Hari ini SD Negeri 7 Selatpanjang Berjalan Lancar.



KABAR PESISIR NEWS.ID

SELATPANJANG RIAU,  -

Upaya dalam mendukung program pemerintah dalam percepatan vaksinasi mencegah Penyebaran Virus Covid 19 khususnya ,di bidang Pendidikan di Sekolah Kepala SD Negeri 7 Selatpanjang Kecamatan Tebing Tinggi Fatmawati. S.Pd Kerjsama dengan Polres Kepulauan Meranti mengadakan vaksin massal di sekolahnya.



Selain itu, ada 107 Orang siswi- siswi di SD Negeri 7 Selatpanjang yang sudah siap di vaksinasi yang berkerjasama dengan pihak Polres Kepulauan Meranti, dari Senin hingga Selasa hari ini.



 "Kami mensiapkan vaksin sebanyak jumlah siswa kami 107 orang, namun yang sudah vaksin ada 79 orang siswa dan siswa telah melaksanakan vaksinasi,  tinggal lagi sekitar 59 Orang yang belum hampir separuh itu kami sudah melaksanakan vaksinasi, untuk yang belum, sebab ada sebagian anak kondisi kurang sehat, ada demam dan penyakit lainya, tentunya kami upayakan seluruh sisiwa kami wajib vaksin," kata Kepala SD Negeri 7 Selatpanjang Kecamatan Tebing Tinggi Fatmawati S.Pd Kepada Media ini Selasa (18/1/2022) saat di jumpai di ruang kerjanya.


Menurut Fatmawati, ada sebagian siswa dan siswi, masih ada sebagian orang tua siswa yang belum siap, orang tua siswa ada yang masi ada rasa takut, namun sudah surat perjanjian kepada orang tua sisiwa agar anak wajib vaksin, bahkan lebih banyaknya antusias orang tua yang menyuruh anaknya untuk vaksin, dengan alasan ini kenapa wajib, agar keadaan proses belajar mengajar kembali normal.



" Sejak 3 januari 2022 sekolah kami telah melakukan tatap muka 100 persen tetap dan berjalan dengan lancar dan sekolah kami tidak ada pakai ship lagi, sudah berjalan sebagaiman biasanya namun ini bertahap," kata Fatmawati.



Ia pun mengatakan jumlah guru SD Negeri 7 Selatpanjang ada 18 guru semua sudah melakukan vaksinasi, dan intinya kami vaksinasi dari kelas 1 hingga kelas 6 Sekolah Dasar dan berjalan dengan lancar.


" Vaksinasi ini kami lakukan, sudah ada persetujuan orang tua siswa, dan membawa surat memilih kia atau akta kelahiran, lewat walikelas dan wa group kami sampaikan, dan sekolah kami telah menerapkan protokol kesehatan, depan kelas ada pencuci tanggan, selalu memakai masker dan kami tetap wajib prokes setiap saat selama pandemi," ucap Fatmawati.



Ia berharap, tentunya, dengan vaksinasi ini pandemi bisa berakhir, serta daya tahan tubuh anak lebih kuat, agar siswa meningkatkan imun tubuh siswa dan proses belajar berangsur- angsur kembali normal kembali.



Hal itu juga di sampaikan Kepala Bidang Pembinaan Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kepulauan Meranti Ira Selda Fitri, S.IP MPA kepada media ini menyampaikan bahwa kami meminta kepada korwil se Kepulauan Meranti dari januari sampai Febuary 2022 melanjutkan edaran yang kami buat.


Selanjutnya, Berdasaroan Surat Kepolisian Ngara Republik Indonesia Daerah Riau Resor Kepulauan Meranti nokor B/1/0PS4. Januari 2022 tentang pemberitahuan dalam rangka percepatan Vaksinasi akan di adakan Vaksinasi Massal untuk Wilayah Kecamatan Bidang Pendidikan dan Kebudayaan



"Dalam Rangka Percepatan Vaksinasi, akan di adakan vaksinasi massal untuk angka usia 6 hingga 11 tahun guna mencegah penularan Covid 19. Sehubungan dengan hal tersebut dengan ini di sampaikan kepada Koordinator Wilayah Kecamatan Bidang Pendidikan dan Kebudayaan se Kabupaten Kepulauan Meranti untuk dapat menyampaikan pemberitahuan ini kepada satuan pendidikan sekolah dasar (SD) dan sekolah menegah pertama (SMP)

Negeri maupun swasta," kata 

Kepala Bidang Pembinaan Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kepulauan Meranti Ira Selda Fitri, S.IP MPA 



Menurut Ira, kami telah berkoordinasi dengan puskesmas setempat untuk penentuan jadwal penetuan vaksinasi di sekolah adapun tentang waktu pelaksanaan dari bulan Januari hingga Febuary.



Ia pun menjelaskan, Kebijakan sekolah itu bedasarkan surat izin, dari Orang tua siswa, untuk penyataan anak boleh di vaksinasi atau tidaknya,  karena memang harus di vaksin, karena wajib, sebab kalau telah vaksin covid 19 berkahir,  sekolah bisa melaksanakan belajar mengajar  tatap muka kembali.



" Kami telah melaksanakan tatap muka di Sekolah sejak awal Januari sampai sekarang ini,  Progres vaksinasi ini, sudah berkerjasama pihak Dinas Kesehatan, dan Polres Kepulauan Meranti, yang menjadi sasaran yakni anak usia 6, hingga 12 tahun, kalau siswa SMP dan SMA udah katagori umum," ungkap Ira Selda Fitri, S.IP MPA .



Ia berharap, supaya korwil seluruh kecamatan satuan pendidikan akselasi membantu terkait anak usia 6 hingga 12 tahun dalam percepatan vaksinasi, silahkan cek di puskesmas jadwal vaksin dalam rangka mutu pendidikan yang baik dan efesien, supaya belajar mengajar kembali dalam keadaan new normal, bisa tatap muka dan belajarnya tampa daring lagi.



Hal senda juga di sampaikan Kapolres Kepulauan Meranti AKBP Andi Yul LTG SH SIK MH saat meninjau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 untuk anak usia 6-11 tahun di Selatpanjang Kota beberapa waktu lalu.



Didampingi Kasi Dokkes Iptu Mulyadi dan sejumlah anggota Polres, Andi Yul menyapa sejumlah siswa yang sedang menerima vaksin. Para siswa tersebut juga tampak didampingi orang tua masing-masing.



Kapolres mendorong vaksinasi anak sebagai langkah untuk melindungi siswa, sekaligus menyukseskan pembelajaran tatap muka (PTM) agar tak terjadi klaster Covid-19.



"Alhamdulillah lancar, saya melihat anak-anak juga antusias selama pelaksanaan vaksinasi ini," kata Andi Yul.



Kapolres mengatakan, pihaknya melakukan pendekatan khusus agar para siswa bersedia untuk divaksin. Salah satunya dengan memberikan edukasi.



"Sebagian orang tua juga sudah memiliki kesadaran bahwa pentingnya vaksinasi termasuk bagi anak-anak, agar terhindar dari virus Covid-19," jelasnya."****



LAPORAN           :   BOM

EDITOR               :   R.ARIFIN

Load comments