Kamis, 31 Maret 2022

Bupati HM Adil Buka Secara Resmi Musrembang Tahun 2023 di Gedung Afifa Futsal


KABAR PESISIR NEWS.COM

KEPULAUAN MERANTI RIAU, -

Bupati Meranti H Muhammad Adil SH MM dan Wakil Bupati H Asmar Ikuti Musyawarah Perencanaan Pembangunan Musrenbang Tahun 2023, Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Kepulauan Meranti di Gedung Afifa Futsal Lantai II.(31/03/2022)



Turut hadir dalam acara tersebut, Ketua DPRD Meranti Ardiansyah, Sekda Meranti Bambang Suprianto, Kepala Bappeda Muhammad Sarwadi, Wakapolres Meranti Robert, Seluruh Kepala OPD di Lingkungan Pemkab Meranti, Danramil 02 Suratno, Danposal Selatpanjang Jery Hendra, Forkopimda, Seluruh Camat, Ketua MUI Kabupaten KH Dr Imam Ghozali, Narasumber Hardison Litbang Provinsi Riau, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat dan Tokoh Agama, Pihak Perusahaan EMP.



Kemudian acara dimulai dengan laporan dari kepala Bapeda Muhammad Sakinul Wadi mengatakan bahwa, alhamdulillah hari ini kita bisa berkumpul bersama dalam musyawarah perencanaan pembangunan dan mudah-mudahan bisa berjalan dengan lancar. Pada hari ini kita melaksanakan Musrenbang tahun 2023 pelaksanaan ini merupakan amanat dari Permendagri bahwa bapeda bertagung jawab dalam melakukan pembangunan dan oleh karana itu materi dan kebijakan yang kita tuangkan dan berpedoman pada RKPJ.


"Melalui laporan ini bahwasanya pelaksanaan forum yang kita laksanakan telah menghasilkan jenjang-jenjang dan mudah-mudahan rumusan renja masing-masing sudah menghasilkan intergrasi, untuk pelaksanaan Musrenbang hari ini bersifat pada level dan sasaran pada pembangunan daerah", ujarnya Muhammad Sakinul wadi.



"Kami berharap kepada peserta bisa memberikan masukan-masukan hingga terbentuknya dengan sempurna hal ini perlu ada masukan dan pandangan masyarakat dan sebagai wadah silahturahmi dalam menyatukan langkah untuk mencapai visi-misi Bupati dan Wakil Bupati", ungkapnya Muhammad Sakinul Wadi.




Kemudian dilanjutkan dengan sambutan dan pengarahan Bupati Meranti H Muhammad Adil SH MM dia mengatakan bahwa, Pertama sekali atas nama Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti, kami ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh undangan dan peserta Musrenbang yang hadir pada kesempatan ini, yang telah meluangkan waktu untuk mengikuti memberikan sumbang pikiran dalam rangka pembangunan daerah yang kita cintai ini.


Musyawarah Perencanaan Pembangunan atau yang sering kita sebut dengan MUSRENBANG merupakan kegiatan rutin yang selalu kita lakukan pelaksanaan Musrenbang dan dari tahun ke tahun, demi memenuni amanah Permendagri No. 86 Tahun 2017.



Berdasarkan Permendagri tersebut, Musrembang adalah forum musyawarah tahunan para pemangku kepentingan/stakeholders dalam rangka menyusun rencana pembangunan Daerah, sehingga kegiatan ini merupakan suatu langkan yang mesti dilakukan dan sangat penting dalam menjaring penyusunan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) yang lebih baik dan lebih berpihak kepada Kepentingan Masyarakat.



Sesuai arah kebijakan tahunan RPJMD, rancangan tema RKPD untuk tahun 2023 yaitu peningkatan pembangunan infrastruktur, kualitas pelayanan pendidikan dan kesehatan, dan kualitas pelayanan pubik dengan dukungan good goverment Peningkatan pemulihan ekonomi menjadi prioritas untuk tahun 2023 dalam rangka menjawab lemahnya kondisi perekonomian masyarakat saat ini yang terdampak oleh pandemi covid 19. Hal ini ditandai dengan meningkatnya angka kemiskinan diKabupaten Kepulauan Meranti. 



Berdasarkan data BPS angka kemiskinan di Kabupaten Kepulauan Meranti meningkat dari 25,28% pada tahun 2020 menjadi 25,68% pada tahun 2021. Untuk menangani kondisi tersebut, langkah-langkah yang harus kita lakukan adalah dengan melaksanakan program-program yang diarankan untuK mengurangi beban pengeluaran masyarakat miskin yang disertai dengan program pemberdayaan masyarakat melalui peningkatan kapasitas usaha dan pelaku usaha serta stimulus modal dengan beban bunga yang ditanggung pemerintah daeran.



Hal itu perlu terus dilakukan untuk meningkatkan pemulihan ekonomi, kualitas ekonomi ketersediaan lapangan pekerjaan dan lapangan usaha bagi masyarakat. Selain Itu Juga dengan melaksanakan program-program yang diarankan untuk menekan angka pengangguran melalui pembinaan, pemberdayaan dan pendayagunaan tenaga kerja.



Prioritas selanjutnya yang harus kita kawal

bersama adalah peningkatan pembangunan

infrastruktur yang juga beririsan dengan upaya penanganan kemiskinan, terutama infrastruktur yang berkaitan dengan pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat seperti penyediaan rumah layak huni, sanitasi, air minum, dan listrik.



Terkait pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat ini harus dipastikan menyasar kepada warga masyarakat yang benar-benar miskin dan tidak mampu, agar target kinerja menekan angka kemiskinan dan meningkatkan pembangun infrastruktur dapat dicapai secara terukur. Pembangunan infrastruktur lainnya yang juga perlu ditingkatkan yaitu infrastruktur jalan dan jembatan, pelabuhan penghubung antar pulau, irigasi, pengaman pantai dan infrastruktur lainnya yang berkorelasi dengan peningkatan perekonomian masyarakat. 



Dan kualitas pendidikan peningkatan kesehatan merupakan tema yang juga harus tetap kita prioritaskan pada tahun 2023. Hal ini dilakukan melalui upaya meningkatkan aksesibilitas dan mutu layanan pendidikan dan kesehatan dengan menyediakan tasilitas yang memadai, meningkatkan kompetensi dan pemerataan SDM pendidikan dan kesehatan, serta menyediakan bantuan pendidikan dan jaminan kesehatan. Upaya-upaya ini sudah kita lakukan pada tahun anggaran 2022 ini. 



Dibidang pendidikan yaitu dengan menyediakan bantuan pendidikan S1, S2 dan S3, pemerataan tenaga pendidik dan kependidikan serta peningkatan sarana dan prasarana sekolah. Kesehatan dengan menyediakan layanan berobat cukup menggunakan KTP. Semua itu perlu dilakukan agar capaian indeks pembangunan manusia (lPM) Kabupaten Kepulauan Meranti yang hari ini terendah di Provinsi Riau dapat kita tingkatkan.



"Tiga tema tersebut diatas akan semakin

sempurna dengan peningkatan kualitas pelayanan publik dengan dukungan good government. Dengan tema RKPD tahun 2023 "peningkatan pemulihan ekonomi, kualitas pembangunan infrastruktur, kualitas pelayanan pendidikan dan kesehatan, dan kualitas pelayanan publik dengan dukungan good government" diharapkan dapat mewujudkan Kabupaten Kepulauan Meranti Maju, Cerdas dan Bermartabat", katanya H Muhammad Adil SH MM.



"Prioritas pembangunan yang sudah saya

jelaskan diatas saya minta kepada seluruh kepala Perangkat Daerah, khususnya Bappeda Litbang selaku leading sector perencanaan agar dijadikan kerangka dan pedoman dalam menyusun rumusan kebijakan RKPD dan Renja Perangkat Daerah tahun 2023, serta selalu mengacu pada 7 program strategis Kepala Daerah", katanya H Muhammad Adil SH MM.



Kemudian dalam hal tersebut Bupati Meranti H Muhammad Adil SH MM menambahkan dalam Musrenbang dia menyampaikan terkait PAD kalau bisa target orang luar bisa datang ke Meranti untuk melihat ivent-ivent tahunan seperti ciancui itu pemasukan PAD nya yang lebih besar, jadi bagi kepala OPD dan Kepala Desa buatkan pelatihan di hotel-hotel. Selanjutnya dia berharap kepada narasumber juga selaku Bappeda Litbang Provinsi Riau agar menyampaikan kepada gubernur untuk membantu jalan ya ada di Alai mengkikip tidak perlu yang lain lagi.



Kemudian acara Musrembang tersebut secara resmi dibuka oleh Bupati Meranti H Muhammad Adil SH MM dan melakukan penandatanganan berita acara."****



EDITOR            :   R.ARIFIN

Load comments