Sabtu, 17 Desember 2022

Desa Bina Maju Dilanda Banjir 315 Rumah dan 2 Masjid Serta Satu Sekolah Tk Tergenag Air



Kabarpesisirnews.com    KPN

RANGSANG BARAT RIAU,  -

Sekitar 315 rumah warga dan 2 buah masjid serta 1 sekolah taman kanak-kanak (TK) di Desa Bina Maju Kecamatan Rangsang terancam akibat banjir yang melanda Desa tersebut .




Banjir yang bersumber dari hujan yang turun selama ini Hingga mengakibatkan rumah warga tergenag air sementara penghuninya banyak yang mengunsi ke tempat yang masih tinggi.



Demikian dikatakan oleh Kades Bina Maju Syahari saat di temui di Selatpanjang, senin (12/12/22)




Syahri menceritakan penyebab terjadinya banjir pertama adalah karen kedangkalan sungai sendaur yang melintas di Desa Ini sungai tersebut kata Syahari nemang seharusnya dapat menyerap air , namun kini kodisi nya sudah sama ratanya dengan jalan dan didalamnya banyak tumbuh kayu ,



oleh karena hujan yang selama beberapa bulan ini tak ada hentinya hingga menimbulkan banjir di wilayah Desa Bina Maju ini. 




Sementara saluran irigasi dan sungai yang ada di Desa ini tidak dapat berpungsi , kata Syahari. 




Banjir tersebut bukan saja berdampak pada rumah warga akan tetapi sudah melanda dibpersawahan warga sekitar 287 Ha lahan sawah warga yang sudah di tanami padi terendam air,   namun kita belum tau pasti jumlah semua yang nya ikut terendam dan akan di kuatirkan gagal panen , tambahnya .




Dikatakannya juga soal ini sudah kita samapi kan ke Gubernur Riau tentang masalahnya dan pihak propinsi pun sudah meninjau sampai kelokasi, kini baru ada pekerjaan pengalian sungai sendar itu hanya 1 Km yang baru di gali, tutup syahari."****




LAPORAN              :   ZAINI

EDITOR                  :   R.ARIFIN

Load comments