Kamis, 02 Maret 2023

Pelaksanaan Israq Mi'raj di Musholla Al Muttaqin Jalan Pembangunan 3 Selatpanjang Timur , diisi dengan ceramah mukaram Udtaz Syaiful Al Amri.



Kabarpesisirnews.com    KPN

SELATPANJANG RIAU,   -

Acara Israq mi'rat Nabi Muhammad SAW 1444 H bersamaan tahun 2023 M, yang dilaksanakan di Musholla Al Muttaqin, jalan Pembanguna 3 Kelurahan Selatpanjang Timur, Kecamatan Tebing Tinggi Kabupaten Kepulauan Meranti Provinsi Riau selasa malam (28/2/2023) jam 8'30 Wib.




Memang israq mi'raj merupakan salah satu diantara hari-hari besar umat Islam yaitu memperingati hari bersejarah bagi penganut Agama Islam, karena saat itu  Nabi Muhammad SAW telah diutus oleh Allah yang maha kuasa melalui Malaikat jibril untuk menuju Kesiratul Muntaha guna meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT demi menunaikan perintah sholat 5 waktu, hingga sampai saat sekarang ini. 




Dalam acara ini ketua panitia Afrizal Cik S, Sos, Msi memberikan  Sambutan nya, Ia mengatakan bahwa hari ini merupakan hari bersejarah bagi kita umat islam untuk itu mari kita simak dan mengabil makna Israk mi'raj ini. 



"Hari ini merupakan hari bersejarah bagi kita Umat Islam,untuk itu saya harap mari kita simak dan mengam bil makna israq Mi'raj ini dengan sebaik-baiknya agar kita mendapat tuntunan kelak di Yaumil Maksar nanti" jelasnya dalam sabutan itu. 





"dengan kesempatan ini kami atas nama seluruh panitia mohon maaf, kiranya terdapat pelayanan kami terhadap bapak dan ibuk terutama kepada seluruh warga yang hadir pada acara Israk Mi'raj ini ada yang tidak  mendapat  tempat duduk yang sewajar nya , maka dari itu  terlebih dahulu kami menyusun jari sepuluh mohon kiranya dapat dimaafkan , karena saya rasa dapat dimklumkan kondisi Musholla ini masih sangat sederhana" kata Afrizal Cik.




Kemudian tambahnya "tak lupa juga kami ucapkan terima kasih kepda anak- anak dan adik-adik remaja kami yang ikut memeriyahkan Israq Mi'raj ini dan saya berharap agar hal ini dapat dijadikan pedoman kita dalam melaksanakan ibadah, serta disamping menjalin silaturrahmi antara sesama kita,dan selajutnya terim kasih kami terkhusus buat almukaram Ustaz Syaiful Al Amri yang akan menyampaikan tauziah nantinya", papar Sfrizal Cik.



Sementara dalam Tauziah Udtaz Syaiful Al Amri mengatakan, bahwa Israq Mi'raj itu adalah pristiwa yang luar biasa merupakan suatu mukjizat yang besar bagi Nabi Muhammad SAW. Israq mi'raj yang terjadi tersebut adalah, utusan Allah kepada Nabi Muhammad Rasulullah SAW melalui malaikat Jibril , dan dilaksanakan dalam waktu seperempat malam, kalau kita terjemahkan dengan akal pikiran dan nalar manusia yang sehat dan terbatas , maka tentu pristiwa tersrbut sangatlah irasional ,Sebagai umat islam sudah sewajarnya kita harus mengenal lebih dekat terhadap junjungan kita Nabi besar Muhammad SAW Karena hal itu adalah untuk meningkat kan iman dan  ketaqwaan  kita kepada Allah SWT.




Salah satu hikmah dari Israq Mi'raj yang paling utama adalah tentang kewajiban Sholat lima waktu yang Allah SWT perintahkan kepada Nabi Muhammad SAW .




Jika Sholat dilakukan dengan khusuk dan penuh ikhlas serta istikomah, teratur dan sungguh-sungguh, maka akan dapat mengantarkan kita ketempat yang dijanjikan Allah SWT,  yaitu surga , serta akan mendapat berkah selama hidup di Dunia, itulah janji Allah terhadap orang bertaqwa.

 



Israk Mi'rat itu merupakan  sebuah perjalanan Nabi Muhammad SAW  menuju siratul Muntaha yang mendapat kan wahyu untuk menyempurna kan  ibadah tetutama adalah sholat lima waktu , dalam Perjalanan Nabi Muhammad SAW ke Siratul Muntaha  tersrbut tidak lain hanya memenuhi Panggilan Allah , yang pada intinya untuk menjalan kan printah Sholat  lima waktu sehari semalam ,dan perjalananya hanya dengan waktu seperempat malam.




Dalam tauziah itu juga ustaz Syaipul Al Amri memaparkan tentang kehidupan Dunia , bahwa  Perempuan yang pertama kali diturun kan Allah dari surga  kedunia  nama nya Hawa dan laki-laki yang peryama Adalah Adam ,pasangan ini merupakan suami istri yaitu Nabi Adam dan Siti Hawa , yang diturun kan secara tetpisah kedunia dalam kurun waktu sangat lama hingga samapi dipertemukan  keduanya di tanah suci Mekah yaitu tempat dimana orang melakukan tawab ketika menunaikan ibadah Haji, hingga dari situlah berkem bangan manusia sampai saat sekarang .




Sebagian besar umat Islam di muka Bumi ini melaksanakan israq mi'raj  tepat pada bulan sakban , untuk itu dengan israq Mi'raj ini mari kita tinggkatkan keimanan kita dan mari kita  sambut kedatangan Bulan suci Ramadhan dengan gembira  serta dengan mengerjakan petintah Allah dan menjauhkan segala larangan nya. Selanjutnya acara ditutup dengan pembacaan Do'a oleh Ustaz."****




LAPORAN WARTAWAN        :    BAHARUDDIN

EDITOR               :      R.ARIFIN

Load comments