Minggu, 11 Juni 2023

DPD LSM-LMBR Bersama Formas NTB Kabupaten Kepulauan Meranti Dukung Kebijakan Plt Bupati Asmar Minta PT.Timah Perhatikan Meranti.



Kabarpesisirnews.com    KPN

SELATPANJANG RIAU,   -

Pelaksana tugas (Plt) Bupati AKBP (Purn) H. Asmar meminta PT Timah ikut membantu pemerintah daerah menurunkan angka kemiskinan di Kabupaten Kepulauan Meranti.





Hal itu disampaikannya saat beraudiensi bersama PT Timah, Kamis (8/6/2023), di Grand i Hotel Batam.




Asmar menuturkan, wilayah yang dipimpinnya memiliki berbagai sumber daya alam, seperti timah, minyak, gas, dan sagu. Namun menurutnya, dengan semua potensi itu belum mampu secara maksimal memberikan kontribusi dalam meningkatkan perekomian masyarakat.




“Hal inilah yang kami harapkan PT Timah ikut memberikan kontribusi,” kata Asmar.




Dijelaskannya, saat ini Kepulauan Meranti memiliki 9 kecamatan, 5 kelurahan dan 96 desa. Dari jumlah itu, 32 desa diantaranya masuk dalam kategori miskin ekstrem.





“Alhamdulillah, dalam 2 tahun kepemimpinan kami, tingkat kemiskinan ekstrem di Meranti dari 25.68 persen turun menjadi 23,84 persen,” ujarnya.




Untuk itu, sebagai salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang beroperasi di wilayah Kepulauan Meranti, Asmar berharap PT Timah bisa memaksimalkan bantuan lewat berbagai program.





“Kami berharap realisasi CSR PT Timah memproritaskan peningkatan akses infrastruktur di wilayah Kepulauan Meranti,” ungkap purnawirawan Polri itu.




Kepala Unit Produksi PT Timah Unit Kundur Ari Wibowo mengatakan, sebagai kewajiban sosial responsibility kepada masyarakat terdampak, tentu pihaknya akan siap untuk berkolaborasi dan berharmonisasi sehingga menjadi lebih baik.





Terkait realisasi Corporate Social Responsibility (CSR) selama ini, PT Timah sudah melakukan beberapa bantuan di Kepulauan Meranti sejak tahun 2017 hingga 2023. Seperti bantuan hewan kurban, sembako, santunan anak yatim, beasiswa, UMKM dan berobat gratis.




“Ke depan kita juga akan berupaya untuk merencanakannya, dan kita akan mengikuti sesuai apa yang diharapkan oleh Pemkab Meranti,” sebutnya.




Ikut dalam audiensi tersebut Sekertaris Daerah Bambang Suprianto, Asisten I Irmansyah, Asisten II Suhendri, Kabag Ekonomi Herlim, dan Kepala Bagian Prokopim Setda Afrinal Yusran.




Terkait Plt. Bupati Meranti H. Asmar minta PT.Timah perhatikan Kabupaten Kepulauan Meranti mendapat dukungan serius dari Tokoh Ketua Forum Masyarakat Nusa Tenggara Barat (Formas - NTB) dan Dewan Pimpinan Daerah Lembaga Swadaya Masyarakat Laskar Melayu Bersatu Riau (DPD LSM - LMBR) yang juga  sekaligus Dewan Pimpinan Cabang Perkumpulan Laskar Macan Asia (DPC - LMA) Kabupaten Kepulauan Meranti.




Hal ini dikatakan Ketua Formas NTB Kabupaten Kepulauan Meranti saat ditemui media ini, Jum'at pagi (9/6/2023). " Kami Forum Masyarakat Nusa Tenggara Barat  ( Formas - NTB ) sangat mendukung dan juga berharap apa yang diharapkan Plt. Bupati H. Asmar saat audiensi bersama PT. Timah, agar PT. Timah benar - benar serius dalam membantu Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti untuk daerah ini pada semua sektor.




Terutama dalam mengurangi kemiskinan di Kabupaten Kepulauan Meranti yang saat ini menjadi persoalan serius yang dihadapi masyarakat Meranti ", papar Mhd. Isroi Yusi yang akrab di sapa Om Is.




Om Is juga menambahkan, " hendaknya apa yang diharapkan H. Asmar selaku Plt. Bupati Meranti saat ini dapat direalisasi dan dipenuhi oleh PT. Timah baik saat ini maupun untuk masa yang akan datang ", jelasnya.




Selain Formas NTB, dukungan moril juga disampaikan oleh Ketua Dewan Pimpinan Daerah Lembaga Swadaya Masyarakat Laskar Melayu Bersatu Riau (DPD LSM - LMBR) Kabupaten Kepulauan Meranti yang juga Dewan Pimpinan Cabang Perkumpulan Laskar Macan Asia (DPC-LMA) Kabupaten Kepulauan Meranti, Zul Arman.




Zul Arman yang disapa Pak Man mengatakan," Kami DPD LSM-LMBR dana DPC-LMA Kabupaten Kepulauan Meranti berharap PT.Timah bisa andil dan peduli terhadap persoalan - persoalan yang dihadapi oleh Meranti saat ini yang jauh tertinggal dari daerah kabupaten/kota yang ada se Riau selalu kabupaten termuda", ungkap Zul Arman kepada media ini."****




LAPORAN WARTAWAN      :        M.IS

EDITOR            :   R.ARIFIN

Load comments