Senin, 03 Juli 2023

Laksanakan Khitan Massal, FTBM JPRMI Bersama Dengan Rumah Sakit Amalia Pangkalan kerinci



Kabarpesisirnews.com    KPN

PELALAWAN RIAU,    -

Dalam agama Islam atau Muslim diwajibkan bagi umatNya untuk melakukan khitan/sunat. Dan inilah yang dilakukan dan jadi perhatian

Jaringan Pemuda Remaja Masjid Indonesia (JPRMI) Kabupaten Pelalawan dan masyarakat Pelalawan di pangkalan kerinci Sabtu 01/07/2023.





Forum FTBM Kabupaten Pelalawan berhasil memikat anak anak dan warga pada khitan Masal yang di taja oleh JPRMI dan RS Amalia Medika





Terlaksananya kegiatan itu atas kolaborasi dengan Rumah Sakit Amalia Medika Pangkalan Kerinci dan dimeriahkan oleh Forum Taman Baca Masyarakat (FTBM) dalam menyukseskan acara khitan Masal.





Hal ini disampaikan Ketua JPRMI Kabupaten Pelalawan, Muhammad Al Qodri SH disela-sela kegiatan Khitan Masal yang digelar dihalaman Masjid Darul Ihsan BLP Pangkalan Kerinci, pada hari Sabtu, (1/7/2023).





"Sebanyak 100 orang anak menjadi peserta khitan masal, dan dibantu 15 orang tenaga medis. Kita bekerja sama dengan Rumah Sakit Amalia Medika Pangkalan Kerinci," kata Ketua JPRMI yang biasa disapa Qodri ini.





Sambung dr. Mujaddid Abdi selaku Direktur RS Amalia Medika menjelaskan bahwa Khitan memiliki banyak manfaat yang positif diantaranya terkait kesehatan Reproduksi.





“Diriwayatkan dari Hadist Riwayat Abu Dawud Nabi Muhammad bersabda Alqi ‘anka sya’ral kufri wakhtatin artinya hilangkanlah rambut kekafiran yang terdapat padamu dan laksanakan khitan. Khitan ini dalam pandangan Islam sebagai media pensucian atau bersih diri dan memiliki banyak manfaat,” lanjut dr. Mujaddid Abdi. 





Ditambah Qodri, mungkin tanpa bantuan pihak Rs. Amalia Medika mungkin tidak terlaksana dan tidak semeriah ini. Qodri juga mengucapkan terima kasih banyak atas apresiasi pihak rumah sakit yang bersedia menggratiskan khitan masal ini serta mau berkolaborasi dengan JPRMI Pelalawan untuk membantu meringankan beban masyarakat dengan kegiatan khitan masal.





“Kita mengucapkan terimakasih kepada semua pihak telah mendukung kegiatan acara ini hingga terlaksana sukses. Tentunya, kegiatan yang baik ini mari kita bersama-sama mengapresiasi, maka dari itu dengan demikian fungsi masjid untuk mensejahterakan masyarakat sekitar betul-betul dirasakan. 




Dan semoga langkah ini akan menggugah kesadaran banyak masyarakat terkait pemaksimalan fungsi Masjid,” tegasnya.





Turut pada khitanan hadir Direktur RS. Amalia Medika dr. Mujaddid Abdi, Forum Taman Baca Masyarakat dan Tokoh agama, Tokoh Masyarakat dan seluruh masyarakat yang mendampingi anaknya dalam mengikuti khitan masal."****





LAPORAN             :    SYAHRIL

EDITOR                 :    R.ARIFIN

Load comments