Minggu, 17 Desember 2023

Desa Alahair Laksanakan pelatihan Pemuda Wirausaha



Kabarpesisirnews.com    KPN

SELATPANJANG RIAU,    -

Pemerintah Desa Alahair mengadakan pelatihan pemuda dengan tema peningkatan kapasitas pemuda wirausaha Desa Alahair melalui pelatihan pemuda wirausaha bertempat Kantor Desa Alahair Jalan Kasmin, (16/12/2023) pagi.




Turut Hadir 

Camat Tebing Tinggi Husni Mubarak S Ag,M.Pd I Pj Kepala Desa Alahair  diwakili Sekdes Alahair Muhammad Anas, Ketua BPD diwakili Komariah, Ketua LPM Rahmat Arifin,  Narasumber dari Dinas PMD Kabupaten Kepulauan Meranti, Nur hafsah,S E,Narasumber dari Dinas Koperasi, UMKM dan Tenaga Kerja Eko beserta para peserta. 


Untuk pesertanya di utus setiap RW  untuk mengirim pemuda yang ikut pelatihan di kantor Desa Alahair. 




Camat Tebing Tinggi Husni Mubarak S.Ag M.Pd I,  menyampaikan Dorongan  yang diberikan hendaknya direspon, dengan mengembangkan kreatifitas dalam menghasilkan produk anyaman, serta melakukan sejumlah inovasi. Produk yang dihasilkan harus mengikuti selera pasar, sehingga menarik minat pembeli. Pasalnya, sejauh ini ia melihat hasil produksi pengrajin masih terbatas variasinya, sehingga perlu inovasi untuk menghasilkan produk yang lebih beragam.



"Kalau keahlian menganyam seluruh peserta sudah teruji, hanya saja perlu kejelian dalam menghasilkan produk yang lebih inovatif dan beragam," Katanya


Tak hanya dari sisi produk, pelaku usaha juga diharuskan untuk berinovasi dalam hal pemasaran. Sebagian besar pengrajin, masih mengandalkan pasar lokal, sehingga minimnya permintaan kerap membuat produksi terhenti.



Pj Kepala Desa Alah air yang diwakili oleh Sekdes Desa Alah air Muhammad Anas, pelatihan ini  tentunya tidak di gelar setahun sekali maka itu para peserta untuk dapat  secara maksimal mungkin, supaya nati dapat pemuda kembangkan di Desa alahair. 



"Selanjutnya kami meminta kepada pemuda agara dapat bertanya kepada narasumber supaya nati bisa para pemuda di mengerti meteri yang di sampaikan dapat para pemuda melaksanakan wirausahanya, "kata Sekdes."****




LAPORAN           :   NURHADI

EDITOR               :   R.ARIFIN

Load comments