Senin, 15 Januari 2024

LAMR Kecamatan Mebau Gelar Berbagai Perlombaan Dan Perhelatan Budaya Melayu Riau



Kabarpesisirnews.com.   KPN

TELUK BELITUNG RIAU,    -

Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Kecamatan Merbau, taja berbagai perlombaan dan perhelatan budaya melayu Riau. Lomba ini dilakukan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Ke 15 Kabupaten Kepulauan Meranti.




Sebagai mana biasanya, lomba tersebut dipusatkan di halaman Gedung LAMR yang terletak di jalan Bintan ujung Kelurahan Teluk Belitung, Kecamatan Merbau pada Senin (15/1/2024) malam.




"Kegiatan lomba helat seni dan budaya melayu Riau, merupakan program rutin dilakukan LAMR Kecamatan Merbau disetiap Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Kepulauan Meranti.


Ketua LAMR Kecamatan Merbau Syafruddin S.Hum dalam sambutan laporan penanggung jawabnya mengatakan, kami sebagaibpengurus kegiatan ini merupakan kegiatan rutin kami yang dilaksanakan dalam rangka memperingati HUT Kabupaten Kepulauan Meranti, ucapnya




Dikatakannya, kegiatan ini menganggat tema "Menimbul batang tenggelam" , dengan tujuan membangun dan membangkit budaya melayu Riau, tutur Syafruddin seraya menjelaskan dana yang didapati dari donator yang sipatnya tidak mengikat.




Dijelaskannya, lomba ini kami laksanakan selama 3 malam, kami dari pengurus mengucapkan terima kasih kepada donator, sehingga acara kami dapat berlangsung sebagai mana kita harapkan bersama, pungkas Syafruddin.


Camat Merbau Muhammad Nazir S.Pd.MSi dalam sambutannya mengatakan, alhamdulillah pada malam hari ini kita dapat hadir mengikuti  pembukaan lomba seni budaya melayu Riau, ucapnya.




Kami atas nama pemerintah Kecamatan Merbau saya mengucapkan terima kasih dan memberi mengapresiasi kepada LAMR dapat memberikan motifasibkepada anak anak kita kedepan dan menggali budaya kita harus dijaga, tuturnya.




Dalam kesempatan itu, Camat Merbau mengucapkan selamat tahun baru 2024, semoga ditahun baru ini kita dapat berobah 


Melalui momintum ini, dapat meningkatkan hubungan silaturrahmi, dan tujuan dari pada kegiatan ini, dapat menggali budaya dan dapat menjaga kelestarian budaya melayu kita, beber Camat Merbau




Diingatkannya, tidak lama lagi kita dihadapkan pemilu pada 14 Pebruari 2024 mendatang. Untuk itu pilih pemimpin dengan hati, pilihan boleh beda, setelah usai pemilu kita kembali lagi dapat bersama sebagai kita harapkan bersama, pungkas Muhammad Nazir.




Ketua Majlis Kerabatan Adat Kabupaten Kepulauan Meranti Datuk Sri H.Darwis S.Pd MM dikesempatan itu mengatakan, pada malam hari ini kita dapat membuka lomba seni dan budaya melayu Riau, dalam rangka memperingati HUT Kabupaten Kepulauan Meranti, ucapnya.




Tidak lupa dirinya mengucapkan terima kasih yang sudi mengundang kami untuk membuka acara lomba helat seni dan budaya melayu Riau pada malam hari ini, kata Datuk Sri H. Darwis.




Diakuinya, sejak kami jadi pengurus LAM, baru LAM Kecamatan Merbau yang berbuat lomba seperti ini, mudah mudahan Kecamatan lain nanti mengikuti, tutur Datuk Sri H. Darwis.




Insyaallahbtahun depan setiap LAM di sembilan Kecamatan masuk dalam anggaran, jelas H.Darwis seya mengucapkan terima kasih Kepada Plt Bupati Kabupaten Kepulauan Meranti.




Diharapkan, agar acara lomba seni budaya melayu Riau dapat berlangsung sukses, pungkas Datuk Sri H.Darwis sekaligus membuka acara tersebut.




Hadir pada saat pembukaan selain dihadiri Camat Merbau Muhammad Nazir S.Pd.MSi, Kapolsek Merbau diwakili, Danramil 06 Merbau diwakili, Anggota DPRD Kepulauan Meranti H.Musdar, S.Pd, Lurah Teluk Belitung Mashuri ST, Ketua Majlis Kerabatan adat Datuk Sri H.Darwis S.Pd.MM, Ketua LAMR Kecamatan Merbau Syafruddin S.Hum beserta sejumlah pengurus LAMR Kecamatan Merbau, tokoh masyarakat, kaum perempuan, dan komponen lainnya.




Untuk diketahui, lomba seni budaya melayu Riau, turut diperlombakan seperti, kompang, zafin tradisi, lagu 60 han."****




LAPORAN           :    Ali Sanip

EDITOR               :    R.Arifin

Load comments