Jumat, 19 Januari 2024

Penutupan Lomba Helat Seni Budaya Melayu Riau: Ini Pesan Camat Merbau Jaga Budaya Melayu Jangan Hilang Ditanah Melayu.



Kabarpesisirnews.com.  KPN

TELUK BELITUNG RIAU,   -

Camat Merbau Muhammad Nazir S.Pd.MSi menutup secara resmi perlombaan helat seni dan budaya melayu Riau, yang ditaja Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Kecamatan Merbau, Kabupaten Kepulauan Meranti.




Lomba helat seni dan budaya melayu Riau dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke 15 Kabupaten Kepulauan Meranti yang berlangsung selama tiga malam ditutup secara resmi pada Kamis (18/1/2024) malam.




Ketua LAMR Kecamatan Merbau Datuk Syafruddin S.Hum dalam sambutannya mengatakan, tahun ini kami cuma bisa melaksanakan tiga perlombaan, kompang, zafin tradisi, nyanyian lagu 60 han, dengan mengangkat tema"Menimbul Batang Tenggelam", insyaallah tahun depan kita laksanakan lebih meriah lagi, janjinya.


Dalam kesempatan itu, Datuk Syafruddin mengucapkan terima kasih kepada semua pihak donator yang mendukung dan mensuppot kegiatan kami, sehingga acara terlaksana dengan baik sesuai harapan kita bersama, tuturnya lagi.




Datuk Syafruddin berharap, kepada peserta hendaknya usai acara ini jangan ada isu atau rumor, yang bersipat menyalahi juri, saya yakin dan percaya dewan juri dipastikan netral, juga jangan dipandang besar kecil  hadiah yang kami sediakan, motivasi diri kita ambil hikmahnya, beber Syafruddin.




Dirinya berjanji, pada tahun depan dihari ulang tahun Meranti nanti akan kita libatkakan tiga Kabupaten, yakni Kabupaten Kepulauan Meranti, Siak, dan Bengkalis, pungkas Datuk Syafruddin.


Sementara Camat Merbau dalam sambutan penutupan tersebut mengatakan, kami dari pemerintah daerah mengapresiasi kepada semua pihak yang mendukung kegiatan helat seni dan budaya melayu Riau yang ditaja selama tiga malam oleh LAMR Kecamatan Merbau, ucapnya.




Orang nomor satu Kecamatan Merbau itu, juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh panitia yang bersusah payah sehingga acara ini dapat berlangsung sukses, tutur Camat Merbau.




Dalam kesempatan itu, dirinya berharap pemilu 2024 berjalan damai, dan mari kita mensukseskan, dan sama sama menjaga kantibmas agar daerah kita kondusif, bebernya menuturkan.


Kepada peserta diingatkan, bagi yang menang jangan berbangga diri dan bagi yang kalah jangan berkecil hati, jadikan motivasi buat diri kita, pesannya.




Diharapkan, budaya melayu ini tetap dijaga jangan sampai hilang dibumi melayu, imbuhnya, seraya mengatakan ini kegiatan positif patut kita dukung terutama ohak pihak perusahaan yang ada di Kecamatan Merbau.




Menurutnya, ini merupakan wujud nyata pecinta helat budaya seni melayu, sekalipun duguyur hujan masyarakat tetap antusias menghadiri penutupan helat seni dan budaya melayu Riau, pungkas Camat Merbau Muhammad Nazir.




Hadir dalam undangan penutupan tersebut terlihat, Camat Merbau Muhammad Nazir S.Pd.MSi, Kapolsek Merbau diwakili, Danramil 06 Merbau Kapten Inf Efri Harden Nasution S.Sos, Lurah Teluk Belitung Mashuri ST, Ketua LAMR Datuk Syafruddin S.Hum didampingi sejumlah pengurus LAMR Kecamatan Merbau. CSR Senior Officer PT Imbang Tata Alam Arip Hidayatuloh didampingi Rahmad Adi, Wan Zulfan, dan Andi Saputra.




Diakhir acara penutupan panitia mengumumkan para pemenang, bagi pemenang diberi hadiah berupa uang dan piala"****




LAPORAN            :    Ali Sanip

EDITOR                :    R.Arifin

Load comments