Selasa, 27 Februari 2024

Plt Asesten Dua Meranti Hadiri Musrenbang dan Rembuk Stunting Kecamatan Merbau



Kabarpesisirnews.com   KPN

TELUK BELITUNG RIAU,   -

Pelaksana tugas (Plt) Bupati Kabupaten Kepulauan Meranti AKBP (Purn) H. Asmar melalui Plt Asesten dua Rokhaizal.M.Pd hadir di Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) sekaligus Rembuk Stunting Kecamatan Merbau dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2025.




Musrenbang ini dipusatkan di Aula Kantor Camat Merbau pada Selasa (27/2/2024) siang. 




Camat Merbau Muhammad Nazir S.Pd.MSi mengucapkan terima kasih atas kehadiran Plt Asesten dua Rokhaizal beserta rombongan di Kecamatan Merbau. Tidak lupa mengucapkan terimakasih kepada pak Bupati yang peduli terhadap bangunan di Kecamatan Merbau.


Musrenbang kali ini Muhammad Nazir menyampaikan,  Pemerintah Kecamatan Merbau masih memprioritaskan usulan infrastuktur, seperti jalan kota, dan jalan antar desa, ke kecamatan.




Musrenbang pada hari ini dilakukan berdasarkan usulan desa, melalui musrenbang ini kita dapat mengajukan usulan yang dianggap layak dalam meningkatkan pembangunan insfratruktur, dan bisa meningkatkan ekonomi masyarakat Kecamatan Merbau, tutur Camat Merbau.




Senada disampaikan Wakil Ketua DPRD Kepulauan Meranti H.Khalid Ali SE menurutnya Kecamatan Merbau merupakan wilayah penyumbang aset APBD terbesar di Kepulauan Meranti, untuk itu sangat mengharapkan perhatian khusus dari pemerintah, baik infrastruktur maupun pembangunan lainnya.


"Saya berharap Lurah/kepala desa bisa memberikan arah pembangunan yang sama untuk menyatukan desa, semoga apa yang diusulkan seperti jalan dari tanjung Padang dan Meranti Bunting, terutama jalan Sungai tengah dapat digesa secepatnya, tegas Khalid Ali




Menurutnya penghubung desa ke desa itu menjadi prioritas sehingga akses jalan yang merupakan kebutuhan masyarakat sebagai penopang ekonomi bisa terlaksana mulai tahun ini sampai di tahun berikutnya," sesuai harapan kita bersama, harapnya.




Memberantas kemiskinan dan membuka lapangan kerja harus diupayakan oleh pemerintah. Buka lapangan kerja supaya tingkat kemiskinan di Meranti menurun, imbuh Khalid Ali dalam penyampai pokok pikiran DPRD Kepulauan Meranti

Dr. Abu Hanipah dalam sambutannya mengatakan, musrenbang kali ini sekaligus rembuk stunting tingkat kecamatan, ucapnya




Dia juga menjelaskan inti beberapa aiteim yang menjadi kewajiban dalam peningkatan usulan pembangunan, dan perekonomi, meningkatan SDM, peningkatan kesehatan, priororitas pembangunan daerah, mengatasi tingkat kemiskinan masyarakat Meranti, seraya menjelaskan tingkat Stunting di Meranti menurun 5 (lima) persen, jelas Abu Hanipah.




Sementara, Plt Bupati Kepulauan Meranti AKBP (Purn) H. Asmar melalui Asesten dua Rokhaizal, M.Pd menyampaikan arah strategi pembangunan Kabupaten Kepulauan Meranti sudah dirumuskan ke dalam RPJMD pemerintah daerah, dan visi misi yang akan ditindaklanjuti dalam bentuk program dan kegiatan, seraya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang ikut hadir pada musrenbang ini.




"Di tahun 2024, pemerintah sudah memper'erat beberapa indikator percepatan realisasi kebijakan secara nasional yaitu sistem pemerintahan berbasis elektronik dan satu data, oleh karena itu data-data usulan kecamatan dan desa segera diinput di Bappeda,"  ujarnya.




Menurutnya, yang menjadi catatan di dalam menyusun perencanaan di daerah harus terintegrasi ke dalam siklus, sehingga usulan tersebut tepat sesuai dengan rencana kerja pemerintah daerah, beber Rokhaizal yang mengaku pernah menjadi Camat Merbau kurang dari 3 bulan.




"Jadi, jika tematiknya terkait dengan kemiskinan ekstrem, maka arah kebijakan pembangunan itu harus di desa yang miskin ekstrem, karena dampaknya berpengaruh dengan kinerja pemerintah daerah, infut data dengan benar, pesan Rokhaizal.




Kemudian terkait stunting, Ia juga berharap pemerintah kecamatan, Lurah/desa dan Kepala Puskesmas (Kapus) untuk mendata desa yang beresiko tinggi. Hal itu harus menjadi prioritas dalam penurunan stunting, imbuhnya




"Dirinya mengajak, mari kita sama sama membangun daerah kita secara bersama, agar apa yang kita harapkan tercapai sesuai harapan kita bersama, pungkas Rokhaizal.




Turut hadir, selain dihadiri Camat Merbau Muhammah Nazir S.Pdi.MSi didampingi Sekcamnya Hj.Wan Jumiati SE.MSi beserta staf, juga hadir Kapolsek Merbau AKP Aguslan SH, diwakili Kanit Bimas AIPDA Mardoni, Danramil 06 Merbau Kapten Inf Efri Harden Nasution S.Sos, Wakil Ketua DPRD Kepulauan Meranti H.Khalid Ali SE, Lurah Teluk Belitung diwakili Seklurnya Wan Minarni, S.Ag.MSi, seluruh Kepala Desa se Kecamatan Merbau, Kapus Teluk Belitung, dan UPTD se Kecamatan Merbau. juga hadir Plt Asesten dua Kepulauan Meranti, beserta pejabat di lingkup Pemkab Kepulauan Meranti beserta undangan dan komponen lainnya."****





LAPORAN        :    Ali Sanip

EDITOR            :    R.Arifin

Load comments