Senin, 04 Maret 2024

Diinisiasi PT. ITA, KJUMS Asetnya Tembus Angka 4 Miliar Lebih



Kabarpesisirnews.com   KPN

KEP.MERANTI RIAU,   -

Pengurus KJUMS (Koperasi Jasa Usaha Mandiri Syari'ah) Kecamatan Merbau Kabupaten Kepulauan Meranti menggelar Rapat Anggota Tahunan (RAT) Tahun 2023. Rapat anggota kali ini mengambil tempat di Gedung Futsal Desa Bagan Melibur pada Rabu (28/2/2024) kemarin.




Hadir dalam RAT kali ini Camat Merbau, Muhammad Nazir,SPd,MSi, Kabid Dinas Koperasi UKM Kepulauan Meranti, Eko Priono,SE,MSi beserta staf, pengawas KJUMS Merbau, Musrizal dan Sumardi, Ketua KJUMS Merbau Samaun SSos beserta staf, Babinsa Koramil Kecamatan Merbau, Sr. CSR Officer PT. ITA, Arip Hidayatuloh, seluruh Anggota KJUMS Merbau dan komponen lainnya.




Ketua KJUMS Merbau, Samaun SSos dalam sambutanya mengatakan rapat anggota tahunan ini merupakan angenda rutin dan acara besar sebuah Koperasi. Karena melalui acara ini lah diharapkan bisa saling silaturrahmi, bertatap muka bersama anggota, dan menjadi rapat tutup buku akhir tahun. Selaku pengurus tentu selalu berusaha semakimal mungkin untuk meningkatkan serta membesarkan Koperasi ini, yang mana di tahun 2023 mengalami peningkatan dari jutaan Rupiah menjadi Milyaran Rupiah, dan seluruh transaksi terdata serta tercatat dengan baik.

"Pada tahun 2020, SHU kita berkisar sekitar 15 jutaan rupiah, tahun 2021 SHU kita menurun  sekitar 12 jutaan rupiah, pada tahun 2022 kita mengalami peningkatan sebesar 88 jutaan rupiah, dan perlu kita apresiasi pada tahun 2023 dimana SHU naik 183 jutaan rupiah, untuk tahun 2024 kita berharap SHU bisa mencapai 250 jutaan. Kemudian untuk aset KJUMS pada saat ini sudah diangka 4 Miliar lebih, karena masyarakat kita sudah mulai percaya dan mau menitipkan uangnya di koperasi kita. Untuk mencapai target kenaikan SHU di koperasi ini kita tidak asal-asalan yang mana kita tetap mengacu berdasarkan data akutansi dan akuntabel," beber Samaun.




Hadirnya KJUMS Kecamatan Merbau sejauh ini patut dibanggakan karena koperasi yang di inisiasi PT. ITA ini selalu melibatkan masyarakat dan stakeholder secara baik dalam operasionalnya sehingga menjadi besar seperti sekarang ini, dari mulai persiapan, pendampingan dan pembinaan sampai mampu mandiri tentu menjadi tolak ukur atau contoh bagi koperasi lainnya kedepan. 




"Koperasi ini merupakan milik dan tanggung jawab kita bersama, untuk itu kemajuan serta kesuksesan Koperasi ini tidak terlepas dari peran serta semua pihak, baik itu dari pengurus, anggota dan pengelola juga masyarakat, pihak perusahaan serta stakeholder lainnya. Sehingga kami atas nama pengelola Koperasi turut mengucapkan ribuan terima kasih kepada camat Merbau, UPIKA Merbau, manajemen PT. ITA, Dinas Koperasi dan semua pihak yang telah mendukung KJMUS ini, dengan harapan kedepan bisa lebih baik," pungkasnya.

Eko Priono SE MSi selaku Kabid Dinas Koperasi UKM Kepulauan Meranti dalam sambutannya menggapresiasi dan mengakui bahwa KJUMS Kecamatan Merbau ini merupakan koperasi percontohan bagi koperasi lainnya di Kabupaten Kepulauan Meranti.




"KJUMS ini juga merupakan Koperasi pertama di Kabupaten Kepulauan Meranti yang melakukan rapat anggota tahunan, semua administrasi berjalan dengan baik. Insya Allah pada tanggal 12 Juni mendatang kita akan memperingati hari koperasi, untuk itu semua pihak diharapkan terus mendukung positif agar apa yang kita harapkan dapat berjalan dengan baik nantinya," ungkap Eko Priyono.




Sementara itu, Camat Merbau Muhammad Nazir SPd MSi dalam arahannya mengatakan atas nama pemerintah Kecamatan Merbau memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh pengelola KJUMS, tentunya hasil ini merupakan kerja keras dari semua pengelola, pengurus dan aggota serta pihak terlibat lainnya.




"Dengan aset yang berkisar di angka 4 Miliar ini juga hasil kerjasama yang baik dari seluruh anggota dan pengelola. Kita berharap dengan adanya Koperasi ini bisa membantu Pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan perekonomian masyarakat dalam perekonomian masyarakat. Semoga koperasi ini semakin berkembang dan bisa membuka cabang lebih banyak lagi, karena saya yakin dengan kepengurusan yang telaten dan transparan seperti ini maka perkembangan koperasi akan berpotensi tinggi," pungkas Camat Merbau. 




Menariknya, disesi akhir kegiatan sebelum pembahasan khusus bersama seluruh anggota, terlihat pengurus KJUMS Merbau turut menyerahkan santunan kepada sebanyak 18 orang kaum Duafa, dan door prize atau hadiah kepada tamu undangan serta anggota dalam kegiatan RAT tahun ini."****




PENULIS       :    M.ALI SANIP

EDITOR         :    R. ARIFIN

Load comments