Selasa, 21 Mei 2024

Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Riau Gelar Kegiatan Sosialisasi Bina Masyarakat Wilayah Perbatasan Antar Negara




Kabarpesisirnews.com    KPN

SELATPANJANG RIAU,    -

Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Riau Gelar Kegiatan Sosialisasi Bina Masyarakat Wilayah Perbatasan Antar Negara yang berlangsung di Aula Hotel Red 9 Jalan Siak Kecamatan Tebing Tinggi Kabupaten Kepulauan Meranti Selasa (20/05/2024)




Kegiatan diawali dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya dan pembacaan doa serta mendengarkan Laporan dari ketua Panitia menjelaskan Kegiatan ini merupakan Program Dari Badan Kesbangpol Provinsi Riau Dengan maksud dan tujuan memberikan pemahaman dan Pengetahuan terhadap masyarakat, menghindari terjadinya konflik antar sesama dan menjaga ketertiban dan keamanan Dimasyarakat.




Selanjutnya kegiatan dibuka oleh Kepala Bidang kewaspadaan nasional dan Penanganan Konflik Provinsi Riau Ibuk Farida S.Ip. M.Si. dan Beberapa Staf Kesbangpol Provinsi Riau, dan Narasumber diisi oleh Kepala Kesbangpol Kabupaten Kepulauan Meranti Wan Zulkifli. SH,.M.Si,. Kabag Ops Polres Kepulauan Meranti Kompol Yudi Setiawan S.IK,.M.Si. Danramil 02 Tebing Tinggi Kapten Tarman Sugiarto, serta tamu undangan dihadiri Ketua FPK Kepulauan Meranti, Perwakilan FKDM Kep["auan Kepulauan Meranti,FKUB Kepulauan Meranti, tokoh Adat, Tokoh Agama, Serta Undangan Lainnya. 




Dari Pantauan Wartawan Cebernews Terlihat Puluhan Masyarakat dari berbagai kalangan Muda Maupun tua bersemangat mengikuti kegiatan tersebut hingga selesai





Setelah Cofee Break dilanjutkan pada Acara inti Sosialisasi Bina Masyarakat Wilayah Perbatasan Antar Negara Dikabupaten Kepulauan Meranti Provinsi Riau Tahun 2024, Sesi Pertama diisi Oleh Kompol Yudi Setiawan S.IK M.Si Kabag Ops Polres Kabupaten Kepulauan Meranti sebagai narasumber dengan Materi Penyampaiannya yaitu Peran Kepolisian Dalam meningkatkan Kewaspadaan Nasional Diwilayah Perbatasan.




Dalam penjelasannya Tugas Pokok Kepolisian Yaitu yang sudah ditetapkan kan Diwilayah Kita yaitu Harkamtibmas, Penegakan Hukum, Serta Memberikan Pelayanan Kepada Masyarakat. Secara umum nya Menjaga Ketertiban Masyarakat, sehingga Masyarakat Dari berbagai Suku, Ras, Agama, Pemuda dan Pemudi dari semua Kalangan lainnya merasa nyaman tentram dan harmonis khususnya Diwilayah Kabupaten Kepulauan Meranti, selain itu juga kepolisian Menjaga setiap daerah terdekat sampai kedaerah Perbatasan yang cendrung terjadinya tindak kejahatan dari Keluar masuk ke Wilayah kita kabupaten Kepulauan Meranti Provinsi Riau.




"Mari sama sama kita menjaga ketertiban dan keharmosinan Daerah kita, selalu menjaga silaturahmi antar sesama".tutupnya Kompol Yudi Setiawan S.Ik,.M.Si.




Selanjutnya Sesi Kedua Sebagai Narasumber Danramil 02 Tebing Tinggi diwakili oleh Kapten Tarman Sugiarto juga menyampaikan Hal yang sama Tugas TNI dalam Menjaga ketertiban dan keamanan serta mengantisipasi akan terjadinya Hal hal buruk yang kerap terjadi didaerah Luar seperti Perang, Pengeboman, Teroris, dan Lain lain, namun dimeranti hal seperti itu tidak terjadi dan kita berharap jangan Terjadi Dikabupaten Kepulauan Meranti, KabupatenKepulauan Meranti Bisa dibilang Aman dari Ancaman Ancaman Terorisme, meski demikian Tetap kita Waspadai dan tetap kita jaga wilayah kita.




Kemudian Sesi Terakhir sebagai Narasumber diisi Oleh Kepala Kesbangpol Kabupaten Kepulauan Meranti Wan Zulkifli SH,.M.Si, dalam penyampaiannya dengan Tema Peran Masyarakat dalam menjaga NKRI. dalam penjelasannya perlu diketahui NKRI termasuk dalam Dasar Dasar Negara, yaitu Pancasila, Undang Undang 45, NKRI, dan Bhinika Tunggal Ika, dan tentunya merupakan Peran Penting Masyarakat menjaga NKRI, tidak hanya Aparat Penegak hukum.




Selain itu kita harus selalu menjaga kedaulatan Daerah kita tanpa membanding bandingkan daerahkan kita dengan Masyarakat perbatasan semuanya kita berlakuakan sama seperti Budaya, bahasa, dan lain lain memiliki kesamaan tidak begitu jauh perbedaannya Kota dengan  negara Tetangga. dan ini merupakan peran kita masyarakat dalam Menjaga NKRI tidak membanding Bandingkan kita dengan Negara Tetangga. kita pertahankan Etika dan Adat kita tidak menjelek jelekkan Negara lain.




Selain itu kita juga harus menjaga Kelestarian Ekosistem Wilayah kita agar bermanfaat untuk anak Cucu kita nantinya.

 



Terakhir Wan Zulkifli Menceritakan tentang Bahaya Narkoba, Perlu diketahui Dimeranti ini merupakan Pintu masuknya Narkoba kewilayah kita, hal itu perlu kita jaga agar generasi kita tidak hancur karena masuknya Narkoba kewilayah kita, dalam mengantisipasi Narkoba tersebut tidak hanya tugas Kepolisian, TNI, dan Pemda tapi merupakan Peran Kita Masyarakat Untuk menjaga NKRI. Tutupnya.




Untuk Informasi Kegiatan Sosialisasi Bina Masyarakat Wilayah Perbatasan Antar Negara Dikabupaten Kepulauan Meranti Provinsi Riau Tahun 2024 Ditutup  dengan Foto Foto dan Makan Siang Bersama."**** 




LAPORAN             :    ABU.S

EDITOR                  :   R.ARIFIN

Load comments