Kamis, 20 Juni 2024

Camat Merbau Lepas Peserta Didik Kelas XI SMK Negeri 1 Merbau Mengikuti PKL.



Kabarpesisirnews.com.   KPN

MERBAU RIAU,    -

Camat Merbau Muhammad Nazir, S.Pd.MSi melepas secara resmi sejumlah peserta didik kelas XI Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Merbau untuk mengikuti Praktek Kerja Lapangan (PKL) atau magang tahun 2024.



Pelepasan dilakukan di ruangan Labor Praktek TITL (Teknik Instalasi Tenaga Listrik ) SMK Negeri 1 Merbau pada Kamis (20/6/2024) pagi. 



Selain dihadiri Camat Merbau, juga hadir pengawas sekolah, Ketua Komite SMKN 1 Merbau, perwakilan perusahaan PT. Imbang Tata Alam (ITA), turut diundang dalam pelepasan siswa tersebut. Tidak kalah pentingnya juga hadir sejumlah majlis guru SMKN 1 Merbau, orang tua siswa, dan komponen lainnya.

Kapala Sekolah SMK Negeri 1 Merbau Tri Sofia Yanreta S.Pd.M.Pd dalam hal ini di wakili Wakil Kepala Sekolah bidang Humas Kurmin, S.Pdi dalam sambutannya mengatakan,  mempersiapkan kompetensi keahlian peserta didik di antaranya dengan melalui Praktik Kerja Lapangan (PKL), ucap Kurmin selaku Ketua Team Pokja PKL SMK Negeri 1 Merbau



Menurutnya, secara umum, PKL merupakan implementasi dari pendidikan sistem ganda yang berusaha diadopsi oleh pemerintah Indonesia dalam mengembangkan pendidikan di Indonesia."Katanya", tujuan dari PKL ini adalah untuk menumbuh kembangkan karakter, budaya kerja yang profesional pada peserta didik, meningkatkan kompetensi peserta didik sesuai kurikulum dan kebutuhan dunia kerja, dan menyiapkan kemandirian peserta didik untuk bekerja dan berwirausaha, tutur Kurmin lagi.



Kurmin menuturkan, bahwa PKL adalah rangkuman dari pembelajaran peserta didik dari kelas 10 hingga kelas 11 sehingga pelaksanaan PKL di kelas akhir bertujuan agar peserta didik lebih siap belajar di dunia kerja, ujarnya.

“PKL merupakan bentuk pembelajaran peserta didik yang dilaksanakan di dunia kerja untuk mengasah dan memperkuat kompetensi sesuai bidang yang bertujuan untuk memberikan pengalaman nyata bagi peserta didik,” ucap Ketua Team Pokja PKL itu.



“Kami berharap setelah PKL, peserta didik memiliki peluang yang besar untuk bekerja sesuai potensi keahliannya. Pran guru sebagai pembimbing PKL dan pelatih di dunia kerja menjadi penting karena sinergi keduanya dapat membuat peserta didik benar-benar belajar bekerja sesuai dengan kebutuhan dan budaya kerja yang ada di dunia kerja, dunia usaha, dan dunia industri,” pungkas Kurmin berharap.



"Camat Merbau Muhammad Nazir S.Pd.MSi dalam sambutannya mengatakan, saya atas nama pemerintah Kecamatan mengucapkan selamat kepada siswa kelas XI yang akan mengikuti PKL atau magang, ucapnya.



Semoga dengan PKL ini kami harapkan dapat menambah kopetensi siswa/i didunia kerja nyata, gunakan kesempatan yang singkat ini untuk betul betul belajar dan bekerja dengan sungguh jangan main main, jaga nama baik sekolah, jaga nama baik Kecamatan Merbau, imbuh Camata Merbau.



Menurutnya, tujuan PKL adalah untuk menumbuh kembangkan karakter dan budaya kerja yang propesional pada peserta didik, meningkatkan kopetensi peserta didik sesuai kurikulum dan kebutuhan dunia kerja, dan menyiapkan kemandirian peserta didik untuk bekerja berwirausaha, katanya



Kepada pembina atau pembimbing, Camat mengingatkan, awasi dan kontrol anak didik kita dengan baik, jaga nama baik sekolah, ikuti aturan sekolah dan tempat kerja, pesan Muhammad Nazir



Kepada PT. Imbang Tata Alam (ITA) Camat mengucapkan terima kasih telah banyak menerima siswa SMK mengikuti PKL atau magang kali ini, diharapkan pada tahun depan dapat ditingkatkan lagi penerimaan peserta PKL, pungkas Camat Merbau Muhammad Nazir



Untuk diketahui, "Pelepasan 

Peserta Didik PKL SMK NEGERI 1 Merbau Tahun 2024" jumlah peserta didik : 77 Siswa/i disetiap daerah PKL :  Seperti 5 Daerah, yakni Pekanbaru, Batam, Selat Panjang, Bengkalis dan PT. Imbang Tata Alam (ITA) Kecamatan Merbau*****



LAPORAN          :    Ali Sanip

EDITOR               :    R.Arifin

Load comments