Senin, 15 Mei 2023

Kunker ke Meranti, Danlanal Dumai Tinjau Sentra Sagu




Kabarpesisirnews.com    KPN

KEPULAUAN MERANTI RIAU,  -

Danlanal Dumai Kolonel Laut (P) Stanley Lekahena melakukan Kunjungan Kerja (Kuker) di Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau. Selain Meninjau Sentra Sagu, dirinya bersama istrinya juga menanamkan pohon sagu, di desa Sungai Tohor, Kecamatan Tebingtinggi Timur.




Rombongan yang tiba dengan menggunakan Kapal Verry pada Ahad,(14/05/2023) siang tersebut langsung disambut oleh Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kepulauan Meranti Marwan, Kapolres Meranti diwakili Kapolsek Tebingtinggi AKP Gunawan, Danramil 02 Tebingtinggi Kapten Arh Isnanu diwakili Babinsa Serma Agus, Danposal Selatpanjang Letda Laut KH Justine, Camat Tebingtinggi Timur Jefri S.Ip, kades Sungai Tohor Efendi, kades Sungai Tohor Barat Nur Diansor, da sejumlah instansi lainnya.




Tibanya di Pelabuhan Sungai Tohor, Rombongan yang dihadiri oleh Pasintel Lanal Dumai Mayor Laut (P) Kamaluddin, PgS. Pasops Lanal Dumai Letda Laut (P) Dian Sri Hariadi S, KA. Akun Lanal Dumai Kapten Laut (S) Sonni Peristiwanto, S.A.P, Kaset Letda Laut (S) Agus Halim, dan ibuk-ibuk dari Jalasenastri Cabang 4 Korcab I DJAI Lanal Dumai langsung menuju Sentra Sagu yang ada di Sungai Tohor.




Pantauan Wartawan dilapangan, terlihat Danlanal Dumai yang saat itu melihat langsung Proses pembuatan sagu menjadi tepung, menjadi beras, bahkan dirinya bersama ibuk-ibuk Jalasenastri Cabang 4 Korcab I DJAI Lanal Dumai juga sempat mencicipi makanan dari khas sagu.




Setelah itu, Danlanal Dumai langsung menyerahkan secara Simbolis Bantuan Sosial (Baksos) kepada sejumlah Masyarakat yang saat itu bersamaan hadir dalam Kunker di Tebingtinggi Timur tersebut.




Selajutnya, rombongan tersebut melanjutkan perjalan mengunakan sepeda motor menuju lokasi pengolahan sagu basah, dan dilanjutkan Penanaman Pohon Sagu yang bersebelahan langsung dengan Pohon Sagu Yang ditanam kan oleh Presiden Republik Indonesia (RI) Ir. H Joko Widodo berumur 10 Tahun (2014) lalu.




Usai melaksanakan Penanaman Pohon Sagu, rombongan langsung bertolak ke pelabuhan Sungai Tohor dan dilanjutkan Makan siang, selang beberapa menit Rombongan melanjutkan Perjalanan menuju Kota Selatpanjang dengan mengunakan Kapal Patroli milik Angkatan Laut Posal Selatpanjang.




Kepada Wartawan, Danlanal Dumai Kolonel Laut (P) Stanley Lekahena mengatakan kalau kehadirannya disini merupakan dalam rangka Kunjungan Kerja dan sekaligus akan menghadiri agenda besar yang akan berlangsung pada Senin, (15/05/2023) pagi di Kampung Bahari Nusantara (KBN) di desa Alai, Kecamatan Tebingtinggi Barat yang akan diresmikan.




"Memang selain Kunjungan Kerja disini, memang kita ada juga menghadiri agenda besar yakni Peresmian KBN yang akan diresmikan dengan cara Video Konfren bersama wakil Presiden di Pusat Jakarta, yang dilaksanakan secara nasional seluruhnya," katanya.




Ditambahkan dia, salah satu program Kampung Bahari Nasional salah satunya di Kabupaten Meranti. Didampingi progam tersebut, tugas dari angkatan Laut salah satunya pembinaan potensi Maritim.




"Pembinaan untuk kekuatan wilayah,baik itu Perekonomian, pendidikan, dan tentunya pada sektor Pertahanan. Dengan kunjungan ini merupakan salah satu Progam pembinaan Potensi Maritim," ujarnya.




Selain itu, dengan apa yang kita lihat dan apa yang kita dengar langsung oleh masyarakat tentunya ini menjadi perhatian kami dari angkatan Laut untuk meningkatkan Perekonomian masyarakat dan nantinya potensi-potensi ini akan kita laporkan kepada atasan kita.




"Ini akan kita laporkan kepada Mabes TNI Angkatan Laut untuk menjadi perhatian kedepan. Harapan saya kepada masyarakat khususnya sungai Tohor mendapatkan manfaat yang lebih besar dengan potensi sagu yang begitu melimpah, dan kami juga mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah daerah yang sudah mendukung penuh dalam meningkatkan Perekonomian masyarakat di bidang sagu," terangnya.




Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kepulauan Meranti Marwan menyampaikan ucapan terima kasih atas kunjungan yang dilakukan Danlanal Dumai ke Sentra Sagu.





"Kami Pemerintah daerah mengucapkan terima atas kunjungan ini, semoga hasil dari kunjungan ini Bapak Danlanal bisa memberikan gambaran ke pusat tentang Sagu ini," ujarnya."****




LAPORAN WARTAWAN      :        ALDO

EDITOR            :    R.ARIFIN

Load comments