Senin, 08 Mei 2023

Untuk Pertamakalinya, Asmar Lantik 3 Pejabat Tinggi Pratama Pemkab Kepulauan Meranti.




Kabarpesisirnews.com    KPN

SELATPANJANG RIAU,    -

Pelaksana Tugas (Plt) Bupati, AKBP (Purn) H Asmar melantik 3 pejabat di lingkup Pemkab Meranti.





SELATPANJANG - Pelaksana Tugas (Plt) Bupati, AKBP (Purn) H Asmar untuk pertama kalinya melantik 3 orang pejabat di jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Meranti sejak dirinya menjabat sebagai Plt Bupati.





Pelantikan Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama dilingkungan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti tahun 2023 itu berlangsung di gedung serbaguna Kantor Bupati, Senin (8/5/2023) pagi.


Pada prosesi pelantikan itu Plt Bupati melantik Rokhaizal sebagai Staf Ahli Bidang Pemerintah Hukum dan Politik, Febriadi Asmara sebagai kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik, Dan Persandian serta Tunjiarto sebagai Kepala Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Pol PP dan Damkar).





Dalam sambutannya, Asmar mengatakan pelantikan merupakan bagian dari kehidupan dan kebutuhan organisasi dalam rangka pemantapan dan peningkatan kapasitas kelembagaan. Serta bagian dari pola pembinaan karir pegawai dan menjadi suatu keharusan, khususnya bagi instansi pemerintah guna menguatkan pelaksanaan fungsi pelayanan di masyarakat. 





"Kepada pejabat yang dilantik hari ini agar bersungguh-sungguh dalam mengemban amanah sebagai pelayan masyarakat di Kabupaten Kepulauan Meranti. Dengan dilakukannya pelantikan ini, semoga dapat memberi suasana baru disetiap OPD yang ditempati. Melalui peralihan tugas, diharapkan para pegawai memiliki pengalaman kerja variatif yang akan menambah perbendaharaan wawasan untuk bekal ketika nantinya mendapatkan amanah yang lebih besar lagi," kata Asmar.



"Pelaksanaan promosi dan mutasi jabatan ini adalah merupakan hal yang biasa dalam penyelenggaraan pemerintahan, dengan tujuan untuk peningkatan karir ASN serta merupakan suatu proses penyegaran pada OPD," katanya lagi.





Ia meminta kepada para pejabat yang dilantik agar tidak berpuas diri, sebab jabatan sesungguhnya bukan merupakan hadiah, tetapi bagian dari ujian atas kemampuan yang telah tunjukkan pada posisi sebelumnya.




"Pelantikan ini bukan yang pertama dan terakhir karena masih akan dilakukan evaluasi terus menerus terhadap kinerja pejabat serta akan menyesuaikan dengan peraturan yang ada. Untuk itu pelantikan ini hendaknya dimaknai terutama dari sudut kepentingan organisasi. Jadi, bukan sekedar penempatan figur-figur pejabat pada jenjang jabatan dan kepentingan tertentu. Adapun parameter utama yang digunakan dalam menentukan jabatan bagi setiap pegawai dilakukan melalui pertimbangan kapasitas, kompetensi, integritas, loyalitas, moralitas, pendidikan dan pelatihan, serta nilai pengabdian dan komitmen terhadap tugas dan tanggungjawab kepada negara khususnya di daerah Kabupaten Kepulauan Meranti. Kita menentukan itu semua setelah melalui tahapan tes oleh lembaga yang dapat dipertanggungjawabkan," tuturnya.




"Untuk itu, saya meminta kepada pejabat yang baru dilantik agar senantiasa bersemangat, bekerja keras dan menjunjung tinggi komitmen PNS serta berusaha meningkatkan kedisiplinan, profesionalitas, loyalitas dan integritasnya sebagai abdi negara sekaligus memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat Kabupaten Kepulauan Meranti," pungkasnya.





Terhadap pelantikan ini, sebelumnya Asmar menemui Sekjen Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Suhajar Diantoro di Kantor Kemendagri, Jakarta Pusat, Selasa (2/5/2023) lalu.





Asmar secara langsung meminta izin rekomendasi pelantikan sejumlah pejabat yang telah lulus asesmen beberapa waktu lalu di era Bupati nonaktif Muhammad Adil, namun tak kunjung dilantik.





Menurut Asmar, hasil pertemuan mendapati titik terang kalau permohonan rekomendasi pelantikan pejabat yang telah lulus asesmen tersebut disetujui Kemendagri.





Usai dilakukan pelantikan, Tunjiarto sebagai Kepala Satuan Pol PP dan Damkar diarak oleh personil untuk merayakan kebahagiaan tersebut. Diketahui di institusi tersebut sudah 2 tahun tidak memiliki pejabat pratama definitif, melainkan hanya diisi pelaksana tugas."****




EDITOR               :    R.ARIFIN


Load comments