Jumat, 22 September 2023

Pembangunan Gedung 6 Lantai RSUD Rohul Sudah di Audit Oleh BPKP Riau



Kabarpesisirnews.com     KPN

ROKAN HULU RIAU,   -

Pada tahun 2022 telah dilaksanakan joint audit gedung 6 lantai oleh pihak inspektorat Rokan Hulu, BPKP Provinsi Riau, Dinkes Rokan Hulu, RSUD Rokan Hulu dan Lembaga Audit Independen dari LP2M Universitas Riau. Joint Audit tersebut mencakup penilaian kembali kontruksi gedung, arsitektur termasuk mekanika/ elektrikal dan sarana pendukung lainnya. 





Hal ini dikatakan Direktur RSUD Rohul dr Zulfi Afki Sp.P melalui Kabid Humas Sogirin, SKM MM, Jumat 22 September 2023. Dikatakannya hasil audit merekomendasikan untuk melanjutkan pembangunan dan pemanfaatan gedung 6 lantai RSUD Rohul untuk kepentingan masyarakat.



"Sebagai tindak lanjutnya dilakukan pengurusan hibah Barang Milik Negara (BMN) gedung tersebut oleh pihak RSUD Rokan Hulu Kementerian Kesehatan dan Kementerian Keuangan," ujar Sogirin.





Hal ini dilakukan karena dua tahap pembangunan gedung dimaksud bersumber dari dana APBN. Pengurusan hibah BMN gedung tersebut telah berhasil dengan terbitnya surat rekomendasi hibah dari Menteri Kesehatan dan Menteri Keuangan. 




Tahap akhirnya adalah menunggu penandatangan surat hibah dari Presiden Republik Indonesia melalui Menteri Sekretaris Negara.


"Bila nantinya surat hibah ini sudah selesai, maka dilakukan upaya untuk penyelesaian pembangunan gedung tersebut melalui pendanaan APBN, APBD Provinsi dan Kabupaten, serta sumber pendanaan lainnya," sebutnya.





Beberapa waktu yang lalu telah dilakukan audiensi dengan Gubernur Riau serta Bappeda Provinsi Riau dalam upaya tindak lanjut tersebut dan beberapa kali pihak Bappeda Provinsi Riau  dan Dinkes Provinsi Riau telah melakukan tinjauan langsung kelapangan untuk menilai gedung yang dimaksud guna perencanaan kelanjutan pembangunannya.





Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu sendiri telah mengupayakan Detail Engineering Design (DED) ulang dalam melanjutkan pembangunan gedung dimaksud dan telah diusulkan pula rincian kebutuhan Alkes dan SarPras (Sarana Prasarana) yang diperlukan melalui Bappeda Provinsi Riau, agar nantinya dapat diupayakan skema pendanaan yang tepat dalam mengfungsikan gedung 6 lantai tersebut bagi kepentingan pelayanan masyarakat di Negeri Seribu Suluk Kabupaten Rokan Hulu."****




LAPORAN           :    AC

EDITOR               :    R.ARIFIN

Load comments